You are here: Home » Toko Online » Hal Inti Jika Punya Banyak Toko di Marketplace

Hal Inti Jika Punya Banyak Toko di Marketplace

punya-banyak-akun-toko-marketplace-tokopedia-bukalapak

agusmunawar.com – 6 bulan setelah postingan terakhir, akhirnya dikasih mau untuk menulis lagi, dan ini adalah ARTIKEL PERTAMA di tahun 2016 :3 *miris

Oke kita mulai.

Beberapa hari ini saya lagi seneng nye-crap dan upload produk ke marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia pakai Dropship Engine.

Jualan di marketplace itu asyik ternyata, bahkan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah proses scrap dan upload sudah ada yang beli ­čÖé

Nah dari apa yang sudah saya lakukan tersebut, ada beberapa kesimpulan yang saya dapat, yaitu :

Setidaknya ada dua metode jika kita jualan di marketplace, terutama jika memilih dropship. Yaitu yang pertama buat satu toko dan toko tersebut diseriusin sama berhasil. Atau pilihan kedua adalah membuat banyak toko dengan berbagai niche.

Jika kita memilih metode pertama sepertinya tidak ada masalah yang berarti. Tapi jika kita memilih metode kedua pasti ada beberapa masalah yang mesti ditemukan solusinya.

Masalah yang sering muncul jika kita memilih untuk memiliki banyak toko di marketplace (misalnya punya 10 akun/toko di Bukalapak) adalah kerepotan dalam mengelolanya. Tidak jarang banyak teman-teman pemakai dropship engine mengeluhkan seringnya orderan yang tidak ter-handle.

Terus, apa solusinya?

Jujur, hal ini saya juga mengalami, karena saya memakai metode kedua ini (punya banyak toko marketplace), kurang lebih baru ada 13 toko baik itu di tokopedia maupun bukalapak. Di awal memang keteteran karena harus gonta-ganti login. Setelah merenung ternyata inti dari punya banyak toko di marketplace adalah: Notifikasi.

Notifikasi disini isinya bisa berupa message/pesan dari calon pembeli, notifikasi ketika ada yang beli, notifikasi ketika ada yang memberi review, dan notifikasi lainnya, dimana semua notifikasi tersebut masuknya ke EMAIL, dan jika punya banyak toko secara otomatis email-nya pun lebih dari satu dong, betul?

Nah solusinya, saya pribadi karena menggunakan GMAIL (Google Mail) maka saya mendownload aplikasi GMAIL di AppStore kemudian saya masukkan semua email-email marketplace tersebut, sehingga semua notifiasi dari toko yang banyak tersebut tidak ada yang terlewatkan.

punya-banyak-akun-toko-marketplace-tokopedia-bukalapak-gmail

 

Selain cara diatas, ada cara lain yang juga saya lakukan supaya tidak ketinggalan notifikasi dari toko-toko saya yang ada di bukalapak atau tokopedia tersebut, Insya Allah saya bahas di artikel berikutnya.

Jadi, sekali lagi, inti dari punya banyak toko di marketplace adalah: NOTIFIKASI, setelah itu baru deh kamu bisa mengurus hal-hal lain ­čÖé

Internet Marketer Indonesia, asal kota hujan Bogor, yang fokus di bidang toko online, affiliate dan publisher Admob.

http://www.agusmunawar.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *